Beranda > Pelaku dan kegiatan > Pemandu Terfavorit Pilihan Peserta

Pemandu Terfavorit Pilihan Peserta


Kegiatan Pelatihan dasar bagi fasilitator PNPM-MP Prov. Gorontalo yang diselenggarakan olek KMW OC-8 Gorontalo selama 7 hari telah memberikan nuansa baru dan melahirkan kader fasilitator pembaru yang siap terjun di masyarakat. Pelatihan yang berlangsung selama 7 hari sejak tanggal 13 – 19 Juni 2011 di Hotel Mega Zanur Kota Gorontalo ini membahas 11 tema dan 45 Topik bahasan dengan durasi waktu sebanyak 82 JPL (Jam Pelajaran).

Dihari pertama dan kedua kondisi peserta belum menunjukkan perubahan yang berarti, diskusi dan kesempatan berbicara yang diberikan oleh setiap pemandu masih didominasi oleh peserta yang memang sudah terbiasa mengeluarkan pendapat. Ekspresi wajah peserta di dalam kelas dapat terukur melalui “Mood Meter” yang disediakan oleh Panitia. 🙂 😐 😦 .Hampir semua peserta mencentang pilihan kedua 😐

Melihat situasi peserta yang belum enjoy dan “cair” maka tantangan terbesar ada dihari ketiga. Evaluasi pemandu lebih dipertajam dan lebih ditingkatkan lagi, keaktifan, peran serta dan tanggung jawab menjadi tantangan untuk merubah kondisi peserta, menanamkan substansi program dan menciptakan suasana kelas yang enjoy dan sarat dengan kekeluargaan hingga semua peserta dapat berperan aktif dalam setiap diskusi. Hari ketiga adalah hari paling berdaya milik peserta dan pemandu, keakraban mulai tercipta, kekeluargaan mulai terlihat, saling mengisi dalam diskusi dan kesempatan bertanya mulai terlihat kritis. sMood Meter pun berubah menjadi :-). Rasa penasaran mulai terbawa hingga ke ruang makan, waktu tak lagi jd kendala , karena kebutuhan akan materi mulai tumbuh diantara peserta.

Diantara sekian banyak saran dan komentar pada lembar penilaian topik mulai menunjukan progres yang signifikan, mulai dari saran yang kritis tentang materi, waktu yang dirasa kurang sampai dengan  siapa pemandu yang mereka inginkan tampil dalam setiap sesi pelatihan.

Hal serupa dirasakan pula oleh Rasyid R. Sayiu selaku penanggung jawab kelas yang bertugas mengamati peserta. Beliau menjelaskan: “Suasana hari ini benar-benar berbeda dari hari sebelumnya, hari ini peserta merasa telah menemukan inti materi dan mulai terlibat aktif dalam setiap diskusi kelompok”. Beliau juga berharap kepada pemandu untuk lebih banyak memberikan ruang kepada peserta.

Berita Terkini :

  1. agung
    Juni 26, 2011 pukul 1:53 pm

    thanks for the suggestions and comments, .. This blog is still far from perfection. and hopefully we can all learn to perfect it ..
    bravo, ..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar